Jumat, 07 Desember 2012

STRESS bukanlah stress



STRESS bukanlah stress


Hai, sahabat blogger!
Terimakasih sudah bersedia mampir di blog saya J
Kali ini saya akan membicarakan tentang yang disebut STRESS, mungkin ini agak beda dari bacaan lainnya mengenai STRESS. Maka saya beri judul, Stress Bukanlah Stress. Sebab, stress bukanlah hanya sekedar stress, bukanlah suatu semuanya dinilai buruk, bukanlah hal yang merugikan, ataupun bukanlah hal yang menakutkan.

Sahabat blogger, apa sih itu STRESS?
Tegangan? Lonjakan? Hantaran?
atau..
bagaimana sih rasanya stress itu?
Asin? Asam? Pahit? Manis? Enak?
Pasti sahabat blogger sudahtahu dan pernah mengalami atau merasakannya kan?
Di sini saya akan sedikit membahas tentang si STRESS ini. Saya mulai dengan cara untuk mencegah stress, untuk mencegahnya paling utama adalah dengan

BERPIKIR POSITIF (khuznudzan)

Berpikir positih adalah hal wajib dalam mencegah timbulnya stress. Misalnya, anggaplah setiap masalah sebagai tantangan yang akan membuat Anda lebih kuat dan lebih baik dari masa mendatang. Bahkan suatu situasi yang membuat Anda harus melakukan flight response pun memiliki suatu sisi positif yang membawa Anda menyadari bahwa masih Ada sesuatu yang harus Anda kerjakan.
Berikut beberapa tips untuk mengurangi maupun menghilang stress:
1.       Olahraga
2.       Teman (berbagi masalah/cerita)
3.       Asupan makanan
Adapun makanan yang dapat mengurangi maupun menghilang stress, yaitu:
1.       Coklat
2.       Pisang
Stress bagaikan cobaan dalam berpikir dan yang menimbulkan rasa gundah dalam hati. Positifnya, cobaan itu selalu datang dalam mewarnai hidup sehingga hidup terasa sangat berarti dan terasa. Hadapi cobaan tersebut (stress) dengan bijak (terselesaikan) dan keyakinan untuk tetap berusaha. Berikut sedikit pendapat saya tentang konsep mengenai hidup yang juga berkaitan dengan stress.
Hidup adalah ujian.
Hidup adalah berpikir.
Ujian adalah berpikir.
Ujian hidup yaitu hidup itu sendiri. Ujian berpikir yaitu berpikir itu sendiri. Stress hanyalah jembatan untuk dapat terus berpikir yang harus dilewati dalam menjalani hidup. Dan perlu diketahui juga, hidup adalah penuh bermacam-macam jembatan. Jadi, biasakan dengan hal-hal tersebut.
Selain itu, bahwa setiap jalan pasti ada resiko yang harus dilewatinya, meski tidak semua resiko itu terlihat buruk tetapi baik. Dengan adanya resiko membuat hidup menjadi lebih hidup, lebih tenang, dan lebih bahagia. Maka untuk menjalaninya haruslah kita tetap untuk berpikir positif. Dan orang yang berpikir positif selalu:
1.       Melakukan manajemen emosi.
2.       Menyusun tujuan dan perencanaannya.
3.       Berani dan gigih dalam berusaha.
Untuk melakukan praktiknya saya mempunyai tambahan catatan, yakni sebagai berikut.
1.       Buatlah komitmen untuk selalu berpikir positif pada diri senidiri, tulislah pada sehelai kertas dan tempatkan yang mudah terlihat tiap hari.
2.       Kontrol diri, tetap konsisten pada komitmen dan katakana dengan tegas “AKU BISA MELAKUKANNYA” atau “AKU AKAN MENCAPAI TUJUANKU” dengan tambahan rasa percaya diri.
3.       Pikirkan hasil, bukan masalahnya dalam mencapai tujuan. Hal itu akan membangkitkan semangat dalam proses pencapaian.
4.       Banyak tersenyum à maka negative thinking akan berkurang.
5.       Banyak olahraga à maka positive thinking akan bertambah.
6.       Perbanyak teman, tingkatkan kualitas persahabatan dan berkumpullah dengan keluarga Anda. (Perbanyak teman yang memiliki pengaruh positif)
7.       Tingkatkan kualitas ibadah Anda dan hubungan Anda dengan Tuhan.
8.       Buanglah jauh-jauh pikiran tentang kegagalan, kekurangan, dan hal-hal negative lainnya dan terus berusaha.
Jangan sampai menyerah ya. Sebab menyerah adalah kegagalan yang sebenarnya.  Teruslah berpikiran positif. Selain itu, salah satu sikap yang mesti kita miliki guna mengaktifkan gen-gen positif kita adalah BERFOKUS PADA TUJUAN HIDUP. Dengan menyusun tujuan kita dapat menentukan rencana yang harus dilakukan untuk mencapai sasaran. Jadi, dengan begitu stress bisa kita terima dengan sesuka hati, tanpa rasa beban, dan menjadikan sebuah tantangan bukan sebuah masalah.

Oke. Sudah dulu ya, sahabat blogger. Jika ada kata-kata yang salah atau ngelantur dalam tulisan saya, saya mohon maaf yaa. Kritik dan sarannya saya harapkan untuk memperbaiki dan meningkatkannya. Dan semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Terimakasih.
Sampai jumpa! J                     


Sumber: Buku bacaan masa lalu (sebagai catatan yang berserakan)

1 komentar:

  1. hey.. aku udah follow blogmu.
    follow blogku juga ya jangan lupa :)

    BalasHapus