Rabu, 05 Desember 2012

TEMAN & SAHABAT



DIA TEMANKU, TAPI APA DIA SAHABATKU?

Teman, itu apa yaa?
Teman itu siapa yaa?
Teman itu bagaimana yaa?
Teman, berteman, pertemanan, ditemanin,…
Menurut kalian apa, sahabat blogger???

Hmmm….
Teman merupakan faktor utama yang akan membuat kita sederajat dengan orang mulia atau bisa juga membuat kita lebih rendah daripada binatang.
Setuju gak, sahabat blogger?
Nih saya punya sedikit mengenai teman setia atau bisa dikatakan sahabat. Mengenai aspek-aspek yang harus diperhatikan dalam menjadikan seseorang sebagai sahabat yang setia yaitu:

1.       Penampilan
Yang dimaksud dengan penampilan di sini bukanlah penampilan yang terlihat mahal. Namun, aspek ini bukanlah hal yang sangat berpengaruh dan terkadang memang tidak seluruhnya penampilan bisa diindikaskan dia adalah sahabat setia atau tidak. Tetapi omong-omong kalau ingin tampil terlihat mewah, eksklusif, menawan, ataupun apalah yang penting gak norak atau pengen kalem tapi elegan itu GAK harus mahal. Itu juga dilihat dari selera pemilihan penampilan dan pintar-pintarnya kita memilih bahan penampilan yang menarik tapi gak mahal. Soalnya, sering pula yang saya lihat banyak anak yang penampilannya kurang menarik padahal kalo dilihat bandrol harga pakaiannya tidak ada yang di bawah harga 100 ribu. Waduhh bisa-bisa saya tidak makan seminggu untuk ukuran anak kost. Untungnya saya baru bisa beli pakaian setahun sekali, tentunya di hari Lebaran. Hehe. Tapi gak asal langsung dapat juga lhoo, saya dan saudara-saudara saya harus membuat kue-kue Lebaran dulu untuk dijual. Dan lebih-lebihnya saya dapat sumbangan baju dari kakak perempuan saya, yaaa pastinya masih bagus-bagus. Dan jugaa saya sangat primpen banget buat jaga pakaian dan awet sekali. Pakaian saat saya masih berumur delapan tahun aja masih ada dan masih bisa dimodifikasi. Hemm, itulah beberapa tips dari saya tentang penampilan dan pakaian. Kalau kalian bagaimana, sahabat blogger? :D

2  . Cara Berbicara dan Isi Pembicaraan
Gaya bicara merupakan suatu bentuk ekspresi seseorang yang dapat dinilai lingkungan. Gaya berbicara yang apa adanya mencerminkansikap yang tawadhu dan rendah hati. Gaya berbicara yang sok meninggi (bukan nada tinggi) mencerminkan pribadi yang sombong. Saya harapkan kita bisa mudah menilai seseorang dari gaya berbicaranya dan criteria apa saja yang sering atau yang suka dia bicarakan.

3.     Kebiasaan dan Ibadah
Tentunya kita juga harus mempertimbangkan kebiasaan dan ibadahnya karena semua hal tersebut akan berpengaruh kepada kita selama kita berteman dengannya. Bukankah jika kita di sering di dekat tukang minyak wangi kita akan ikut kecipratan wanginya meski sedikit? Dan sebaliknya jika kita di dekat pengepul asap pasti kita juga akan terkena bau asapnya kan? Pastinya kita juga berada di posisi sebagai calon teman sejati atau sahabat setia, maka kita sendiri juga harus memperhatikan aspek ini untuk diri kita.

4.       Cara Berpikir
Dengan memahami cara berpikir seseorang, kita akan mengetahui apa yang akan dia lakukan dan hal ini akan memberikan kkita gambaran yang lebih luas tentang siapa teman kita sebenarnya. Dan kemungkinan-kemungkinan yang dia inginkan dan dia pikirkan bisa kita ketahui.

5.       Keluarganya
Yang dimaksud di sini bukanlah kondisi derajat keluarganya tetapi kondisi moral, pola pikir, atau tingkat ancamannya. Maksudnya, dari keluarganya kita bisa berhubungan dengan baik dan tidak menimbulkan masalah atau konflik yang tidak wajar. Namun, untuk masalah lainnya (seperti ekonomi)tidak perlu dideskriminasikan. Dan semoga kita mendapatkan teman yang memiliki keluarga yang penuh kasih sayang, bersahaja, mudah berhubungan, dan berwawasan luas dengan lingkungan sekitarnya untuk saling menghormati dan menghargai. Selain itu, jika dilihat dari keluarganya kita juga bisa mengetahui pola pikirnya, karakternya, dan bagaimana dia menjalani sebuah kehidupan.
6.  Temannya
Temannya, maksudnya yaitu bagaimana pergaulan teman kita tersebut. Apakah baik atau buruk kah? Apakah berdampak untuk kita sebagai temannya? Jadi kita harus sangat memperhatikan pergaulan kita agar terhindar dari hal-hal buruk kepada kita atauyang dapat merugikan kita secara moril terutama dan materil yang tidak wajar. Apalagi di kehidupan remaja sekarang, semuanya terlihat campur-baur dan transparan. Maka kita sendiri harus sudah memiliki bentengan dan pedoman dalam menjalani hidup untuk suatu tujuan dan prinsip yang sudah kita buat.


Inti dari semuanya adalah kita harus sering belajar melalui berbagai pengamat-pengamat di berbagai aspek dan lingkungan yang ada agar kita mudah mengenali apa yang di sekitar kita, apa yang terjadi, dan apa yang ingin kita ketahui agar tidak mudah terpengaruh dan tetap berpegang pada prinsip.

Selain di atas, saya punya tips-tips untuk menjaga pertemanan nih, yuk baca :
  1. Kenali teman Anda, bukan hanya sekedar nama dan status.
  2. Berikan perhatian Anda kepada mereka atau teman Anda.
  3. Berikan dukungan dan batuan yang mereka butuhkan (meski bantuan tidak langsung memecahkan masalah mereka tetapi setidaknya berikan keyakinan bahwa mereka dapat meminta bantuan dari Anda kapan saja).
  4. Bersenanglah atau tertawalah saat mereka senang.
  5. Ceritakan tentang diri Anda kepada teman Anda dengan apa adanya (hal ini dapat meningkatkan rasa percaya di antaranya).
  6. Bagi masalah Anda dengan teman-teman Anda (sewajarnya)  dan sebaliknya Anda juga terbuka dengan masalah yang dihadapi teman Anda.
  7. Bagi kesenangan Anda dengan teman-teman Anda (tanpa ada niat pamer atau sombong).

Ohya, sahabat blogger. Ucapan Tolong, Maaf, dan Terimakasih dalam pertemanan sangatlah berperan penting. Misalnya, ucapan Terimakasih sangatlah berharga karena membuat teman Anda akan merasa puas atas penghargaan yang Anda berikan dan adanya saling menghargai.  Jadi, jangan pernah dilupakan dan disepelekan. Apalagi karakter tiap orang itu berbeda-beda, jadi sebarkanlah kedamaian dan kebaikan di antara sesama.
Oke. Sudah dulu ya, sahabat blogger. Jika ada kata-kata yang salah atau ngelantur dalam tulisan saya, saya mohon maaf yaa. Kritik dan sarannya saya harapkan untuk memperbaiki dan meningkatkannya. Dan semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Terimakasih.
Sampai jumpa! :D


#Sumber: ingatan bacaan dan catatan harian :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar